Pages

Sabtu, 21 Desember 2013

GERAKAN EKONOMI SYARIAH DI KALBAR SEGERA DILUNCURKAN


GERAKAN EKONOMI SYARIAH DI KALBAR SEGERA DILUNCURKAN
WE.CO,ID -  Gerakan Ekonomi Syariah (Gres) yang diusung Bank Indonesia akan segera diluncurkan di Kalimantan Barat dengan diawali serangkaian kegiatan memperkenalkan gerakan tersebut.

Ketua Panitia Peluncuran Gres, Obaid M Fahmi di Pontianak, Jumat mengatakan, "Gres" akan dikenalkan kepada masyarakat luas dalam beberapa rangkaian kegiatan bazar dan expo yang dimeriahkan oleh sejumlah perbankan syariah di Kalbar pada Sabtu - Minggu (9-10/11).

Menurut Fahmi, Gres program kampanye ekonomi syariah di Indonesia,"soft launching" secara nasional telah resmi digelar Selasa (5/10).

Selain bazar dan expo, berbagai perlombaan juga turut menyemarakkan gelaran "Gres!" tersebut. Mulai dari lomba mewarnai baik tingkat TK dan SD yang akan diikuti oleh 50 peserta, dan lomba Nasyid yang akan melibatkan sedikitnya 9 grup peserta.

"Tak hanya itu untuk hari berikutnya pengunjung akan dihibur dengan penampilan dai-dai cilik yang akan menampilkan persembahan terbaiknya serta 'fashion show' para hijabers," ujarnya.

Rangkaian kegiatan peluncuran Gres merupakan kerja sama Bank Indonesia (BI) dengan menggandeng Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan Jurnalis Perempuan Khatulistiwa (JPK) di Kalbar.

Obaid mengaku optimistis kegiatan itu dapat mengundang perhatian publik, masyarakat mulai dari perguruan tinggi, pelaku usaha, anggota masyarakat ekonomi syariah, pelaku usaha mikro. (Ant)
Foto : SY
Analisis :
Kegiatan GRES(Gerakan Ekonomi Syariah) yang dilaksanakan di Kalimantan Barat merupakan kegiatan yang positif.Ekonomi Syariah merupakan perekonomian yang mengandung unsure-unsur(syariah) Islam di dalamnya.Bagi pelaku ekonomi mikro yang ingin merintis usahanya,meminjam dana di lembaga keuangan syariah misalnya bank syariah merupakan tindakan yang lebih bijaksana di banding jika melakukan peminjaman pada bank-bank konvensional.Sebab,ekonomi syariah tidak mengenal system riba seperti yang terjadi pada bank-bank konvensional maupun lembaga keuangan non-bank umum lainnya.Ekonomi syariah menganut system bagi hasil.Dimana dana yang dipinjam tidak akan diberlakukan bunga,tetapi menggunakan system berbagi hasil.Jadi,apabila usaha yang dijalankan mendapatkan untung atau rugi,maka akan berdampak juga terhadap pinjaman yang dilakukan pada ekonomi syariah. Ekonomi dalam Islam harus mampu memberikan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat, memberikan rasa adil, kebersamaan dan kekeluargaan serta mampu memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada setiap pelaku usaha. ekonomi dalam Islam harus mampu memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada setiap pelaku usaha. Selain itu, ekonomi syariah menekankan empat sifat, antara lain:
1.   Kesatuan (unity)
2.   Keseimbangan (equilibrium)
3.   Kebebasan (free will)
4.   Tanggungjawab (responsibility)
Ekonomi Islam mempunyai tujuan untuk memberikan keselarasan bagi kehidupan di dunia. Nilai Islam bukan semata-semata hanya untuk kehidupan muslim saja, tetapi seluruh mahluk hidup di muka bumi. Esensi proses Ekonomi Islam adalah pemenuhan kebutuhan manusia yang berlandaskan nilai-nilai Islam guna mencapai pada tujuan agama (falah).


0 komentar:

Posting Komentar