Berbisnis menyenangkan dengan Tekhnologi (E-Commerce)
Kemajuan tekhnologi yang kian pesat tidak hanya menggembirakan
bagi pelaku-pelaku informasi seperti pusat data dan lembaga pendidikan.Para
pelaku ekonomi juga turut merasakan dampak yang menguntungkan dari kemajuan tekhnologi
tersebut.Di zaman yang canggih ini,para pelaku ekonomi tidak mau ketinggalan
dalam penggunaan tekhnologi dan informasi.Mereka menjajakan barang dagangan
mereka melalui internet.Sistem perdagangan ini biasa dikenal dengan sebutan
perdagangan online(e-Commerce).Perdagangan online sangat membantu pelaku
ekonomi,baik dari segi penjual maupun pembeli karena memberikan kesan
praktis.Dengan system ini,para penjual dan pembeli tidak perlu lagi bertatap
muka secara langsung untuk melakukan transaksi.Pembeli cukup memesan barang
yang diinginkan,dan barang tersebut langsung dikirim ke rumah dengan system
pembayaran menggunakan kredit card atau ATM.Cukup dengan bertransaksi didepan
laptop atau computer,atau media internet lainnya pesanan yang diinginkan dapat
langsung sampai kerumah tanpan perlu mengkhawatirkan kendala-kendala yang
mungkin mengganggu seperti jarak yang jauh,cuaca yang tidak menentu,atau
keterbatasan waktu yang dimiliki pembeli.
E-dagang
atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business
lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga
pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll.
Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata
atau pangkalan data (databases),
e-surat atau surat
elektronik (e-mail), dan
bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman
barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
Sistem perdagangan
yang mulai popular sejak tahun 1994 ini
awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial,
seperti penggunaan EDI
untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian
atau invoice
secara elektronik.Kemudian dia berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunya
istilah yang lebih tepat "perdagangan web" — pembelian barang dan
jasa melalui World
Wide Web melalui server aman (HTTPS),
protokol
server khusus yang menggunakan enkripsi
untuk merahasiakan data penting pelanggan.Pada awalnya, banyak jurnalis
memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, baru
sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang
dan banyak digunakan. Selanjutnya,antara 1998 dan 2000 situs web perdagangan
ini mulai ramai dikembangkan oleh pelaku dagang di Eropa dan Amerika Serikat.
Perdagangan yang terjadi
didunia maya ini tidak memungkinkan pembeli dan penjual untuk saling bertemu
dan saling mengenal satu sama lain.Oleh sebab itu,para pedagang membutuhkan
kunci-kunci khusus atau trik-trik khusus yang harus dijalankan untuk menjaga
kepercayaan para pelanggannya atas kerja sama yang terjalin.Sebuah perusahaan e-commerce
bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya
tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus,
struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan,
desain situs web yang bagus juga turut membantu kelancaran bisnis.Selain itu,
beberapa faktor yang juga harus diperhatikan antara lain :
- Menyediakan harga kompetitif
- Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
- Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
- Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
- Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
- Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
- Mempermudah kegiatan perdagangan
e-Commerce
juga memiliki criteria barang tertentu yang dapat dijual melalui system ini.
barang yang cocok dijual secara elektronik seperti barang elektronik kecil,
musik, piranti lunak, fotografi, dll. Barang yang tidak cocok seperti barang
yang memiliki rasio harga dan berat yang rendah, barang-barang yang perlu
dibaui, dipegang, dicicip, dan lain-lain.
Perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang e-Commerce seperti eBay,
Amazon.com,
dan PayPal,memanfaatkan aplikasi umum untuk bisnis mereka
seperti :
- E-mail dan Messaging
- Content Management Systems
- Dokumen, spreadsheet, database
- Akunting dan sistem keuangan
- Informasi pengiriman dan pemesanan
- Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
- Sistem pembayaran domestik dan internasional
- Newsgroup
- On-line Shopping
- Conferencing
- Online Banking/internet Banking
- Product Digital/Non Digital
Memberikan kesan yang praktis,tidak berarti e-Commerce
terbebas dari masalah-masalah penipuan.Bahkan,banyak penipu yang membohongi
pelanggan dengan cara berpura-pura bertindak sebagai penjual(pemalsuan
identitas).Selain itu,banyak pula crackers yang memanfaatkan e-Commerce sebagai
ajang untuk mencari keuntungan.Terlebih lagi tidak ada undang-undang khusus
yang mengawasi dan melindungi e-Commerce.
Sumber:
- Chaudhury, Abijit & Jean-Pierre Kuilboer (2002), e-Business and e-Commerce Infrastructure, McGraw-Hill, ISBN 0-07-247875-6
- Kessler, M. (2003). More shoppers proceed to checkout online. Retrieved January 13, 2004
- Seybold, Pat (2001), Customers.com, Crown Business Books (Random House), ISBN 0-609-60772-3 http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
- http://gunadarma.ac.id