Pengertian
Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sejak sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).
Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sejak sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).
Secara definisi, Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan,
perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan
menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai
tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
Perusahaan
yang sudah mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk
mencapai sukses usahanya, akan mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang
terlibat di dalamnya. Cara dan falsafah baru ini disebut “Konsep Pemasaran”.
Konsep Pemasaran
Sebagai
falsafah bisnis, konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap
keinginan dan berorientasi kepada kebutuhan konsumen. Hal ini secara asasi
berbeda dengan falsafah bisnis terdahulu yang berorientasi pada produk, dan
penjualan.
Secara definitif dapatlah dikatakan bahwa: Konsep
Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa
pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi
kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978).
Tiga
unsur konsep pemasaran:
1.
Orientasi pada
Konsumen
2.
Penyusunan kegiatan
pemasaran secara integral
Kepuasan Konsumen
Analisa
:
Perusahaan
adalah salah satu bentuk organisasi yang mempunyai tujuan untuk mencari
keuntungan (profit) sebanyak-banyaknya melalui kegiatan operasinya.Pasar adalah
suatu tempat yang mempertemukan antara pihak pemilik produk(dalam hal ini
perusahaan) dengan pihak yang membutuhkan produk(dalam hal ini
konsumen).Kegiatan operasi perusahaan di mulai dari perencanaan sampai akhirnya
melakukan pemasaran atau penjualan produk.Sebelum memulai
aktifitasnya,perusahaan harus melakukan perencanaan yang matang untuk mencapai
laba yang telah ditargetkan.Faktor yang paling berperan dalam menentukan
keberhasilan suatu produk adalah manajemen pemasaran yang baik.
Manajemen pemasaran adalah adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program
yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud
untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
Ø Penganalisaan
Ø Penganalisaan yang dimaksud disini adalah
mencari tau tentang keadaan pasar serta melakukan pendekatan dengan konsumen
untuk mencari tahu produk apa yang sedang diminati oleh konsumen
Ø Perencanaan
Ø Pada tahap perencanaan,perusahaan memulai merencanakan
produk yang akan diproduksi,untuk siapa barang tersebut di tujukan,trkhnik pemasaran,biaya
yang akan dikeluarkan serta keuntungan yang akan diperoleh.
Ø Pelaksanaan
Ø Tahap ini merupakan kelanjutan atau realisasi
dari perencanaan.Dimana pada tahap ini semua rencana akan di jalankan
Ø Pengawasan
Ø Melakukan pengawasan atas berjalannya produksi
agar tidak terdapat kesalahan yang menyebabkan ketimpangan dari rencanayang
telah dibuat.
Untuk
mencapai manajemen pemasaran yang baik,para pelaku kegiatan harus tau dulu
mengenai konsep pemasaran.Konsep pemasaran adalah kepuasan konsumen merupakan
hal terpenting bagi kelangsungan hidup perusahaan.Konsumen yang merasa puas
dengan suatu produk akan tetap setia menggunakan produk tersebut serta mengajak
konsumen lain untuk ikut menggunakan produk tersebut.Sebaliknya,jika konsumen
tidak puas dengan produk yang dihasilkan,maka mereka akan meninggalkan produk
tersebut.Sedangkan dalam menjalankan aktifitasnya,perusahaan membutuhkan
konsumen.Dapat dibayangkan apa yang terjadi apabila konsumen tidak lagi
tertarik terhadap produk kita dan meninggalkannya.Maka kerugian akan jelas
berada didepan mata.Oleh sebab itu,sebelum membuat suatu produk,harus jelas
dahulu tentang produk apa yang akan dibuat,untuk siapa ditujukan,dan produk
tersebut juga harus memiliki perbedaan dari produk-produk lain.
Salah
satu kegiatan yang sangat mempengaruhi pemasaran adalah promosi.Promosi sangat
mempengaruhi dalam kegiatan penjualan.Promosi yang baik akan memberikan kesan
yang baik,serta akan menarik banyak konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar