Pages

Minggu, 27 Oktober 2013

Manajemen Pemasaran

POSTED ON NOVEMBER 12, 2012
Pengertian Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sejak sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).
Secara definisi, Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
Perusahaan yang sudah mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses usahanya, akan mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang terlibat di dalamnya. Cara dan falsafah baru ini disebut “Konsep Pemasaran”.
Konsep Pemasaran
Sebagai falsafah bisnis, konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan berorientasi kepada kebutuhan konsumen. Hal ini secara asasi berbeda dengan falsafah bisnis terdahulu yang berorientasi pada produk, dan penjualan.
Secara definitif dapatlah dikatakan bahwa: Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978).
Tiga unsur konsep pemasaran:
1.    Orientasi pada Konsumen
2.    Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral
Kepuasan Konsumen


Analisa :
Perusahaan adalah salah satu bentuk organisasi yang mempunyai tujuan untuk mencari keuntungan (profit) sebanyak-banyaknya melalui kegiatan operasinya.Pasar adalah suatu tempat yang mempertemukan antara pihak pemilik produk(dalam hal ini perusahaan) dengan pihak yang membutuhkan produk(dalam hal ini konsumen).Kegiatan operasi perusahaan di mulai dari perencanaan sampai akhirnya melakukan pemasaran atau penjualan produk.Sebelum memulai aktifitasnya,perusahaan harus melakukan perencanaan yang matang untuk mencapai laba yang telah ditargetkan.Faktor yang paling berperan dalam menentukan keberhasilan suatu produk adalah manajemen pemasaran yang baik.

Manajemen pemasaran adalah adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
Ø  Penganalisaan
Ø  Penganalisaan yang dimaksud disini adalah mencari tau tentang keadaan pasar serta melakukan pendekatan dengan konsumen untuk mencari tahu produk apa yang sedang diminati oleh konsumen
Ø  Perencanaan
Ø  Pada tahap perencanaan,perusahaan memulai merencanakan produk yang akan diproduksi,untuk siapa barang tersebut di tujukan,trkhnik pemasaran,biaya yang akan dikeluarkan serta keuntungan yang akan diperoleh.
Ø  Pelaksanaan
Ø  Tahap ini merupakan kelanjutan atau realisasi dari perencanaan.Dimana pada tahap ini semua rencana akan di jalankan
Ø  Pengawasan
Ø  Melakukan pengawasan atas berjalannya produksi agar tidak terdapat kesalahan yang menyebabkan ketimpangan dari rencanayang telah dibuat.

Untuk mencapai manajemen pemasaran yang baik,para pelaku kegiatan harus tau dulu mengenai konsep pemasaran.Konsep pemasaran adalah kepuasan konsumen merupakan hal terpenting bagi kelangsungan hidup perusahaan.Konsumen yang merasa puas dengan suatu produk akan tetap setia menggunakan produk tersebut serta mengajak konsumen lain untuk ikut menggunakan produk tersebut.Sebaliknya,jika konsumen tidak puas dengan produk yang dihasilkan,maka mereka akan meninggalkan produk tersebut.Sedangkan dalam menjalankan aktifitasnya,perusahaan membutuhkan konsumen.Dapat dibayangkan apa yang terjadi apabila konsumen tidak lagi tertarik terhadap produk kita dan meninggalkannya.Maka kerugian akan jelas berada didepan mata.Oleh sebab itu,sebelum membuat suatu produk,harus jelas dahulu tentang produk apa yang akan dibuat,untuk siapa ditujukan,dan produk tersebut juga harus memiliki perbedaan dari produk-produk lain.


Salah satu kegiatan yang sangat mempengaruhi pemasaran adalah promosi.Promosi sangat mempengaruhi dalam kegiatan penjualan.Promosi yang baik akan memberikan kesan yang baik,serta akan menarik banyak konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar