Pages

Sabtu, 23 Juni 2012

Berbisnis menyenangkan dengan Tekhnologi (E-Commerce)


Berbisnis menyenangkan dengan Tekhnologi (E-Commerce)

  Kemajuan tekhnologi  yang kian pesat tidak hanya menggembirakan bagi pelaku-pelaku informasi seperti pusat data dan lembaga pendidikan.Para pelaku ekonomi juga turut merasakan  dampak  yang menguntungkan dari kemajuan tekhnologi tersebut.Di zaman yang canggih ini,para pelaku ekonomi tidak mau ketinggalan dalam penggunaan tekhnologi dan informasi.Mereka menjajakan barang dagangan mereka melalui internet.Sistem perdagangan ini biasa dikenal dengan sebutan perdagangan online(e-Commerce).Perdagangan online sangat membantu pelaku ekonomi,baik dari segi penjual maupun pembeli karena memberikan kesan praktis.Dengan system ini,para penjual dan pembeli tidak perlu lagi bertatap muka secara langsung untuk melakukan transaksi.Pembeli cukup memesan barang yang diinginkan,dan barang tersebut langsung dikirim ke rumah dengan system pembayaran menggunakan kredit card atau ATM.Cukup dengan bertransaksi didepan laptop atau computer,atau media internet lainnya pesanan yang diinginkan dapat langsung sampai kerumah tanpan perlu mengkhawatirkan kendala-kendala yang mungkin mengganggu seperti jarak yang jauh,cuaca yang tidak menentu,atau keterbatasan waktu yang dimiliki pembeli.

 E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

    Sistem perdagangan yang mulai popular sejak tahun 1994  ini awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.Kemudian dia berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunya istilah yang lebih tepat "perdagangan web" — pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web melalui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan.Pada awalnya, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, baru sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak digunakan. Selanjutnya,antara 1998 dan 2000 situs web perdagangan ini mulai ramai dikembangkan oleh pelaku dagang di Eropa dan Amerika Serikat.

     Perdagangan yang terjadi didunia maya ini tidak memungkinkan pembeli dan penjual untuk saling bertemu dan saling mengenal satu sama lain.Oleh sebab itu,para pedagang membutuhkan kunci-kunci khusus atau trik-trik khusus yang harus dijalankan untuk menjaga kepercayaan para pelanggannya atas kerja sama yang terjalin.Sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus juga turut membantu kelancaran bisnis.Selain itu, beberapa faktor yang juga harus diperhatikan antara lain :
  1. Menyediakan harga kompetitif
  2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
  3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
  5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
  7. Mempermudah kegiatan perdagangan
e-Commerce juga memiliki criteria barang tertentu yang dapat dijual melalui system ini. barang yang cocok dijual secara elektronik seperti barang elektronik kecil, musik, piranti lunak, fotografi, dll. Barang yang tidak cocok seperti barang yang memiliki rasio harga dan berat yang rendah, barang-barang yang perlu dibaui, dipegang, dicicip, dan lain-lain.

Perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang e-Commerce seperti eBay, Amazon.com, dan PayPal,memanfaatkan aplikasi umum untuk bisnis mereka seperti  :
  • E-mail dan Messaging
  • Content Management Systems
  • Dokumen, spreadsheet, database
  • Akunting dan sistem keuangan
  • Informasi pengiriman dan pemesanan
  • Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
  • Sistem pembayaran domestik dan internasional
  • Newsgroup
  • On-line Shopping
  • Conferencing
  • Online Banking/internet Banking
  • Product Digital/Non Digital
Memberikan kesan yang praktis,tidak berarti e-Commerce terbebas dari masalah-masalah penipuan.Bahkan,banyak penipu yang membohongi pelanggan dengan cara berpura-pura bertindak sebagai penjual(pemalsuan identitas).Selain itu,banyak pula crackers yang memanfaatkan e-Commerce sebagai ajang untuk mencari keuntungan.Terlebih lagi tidak ada undang-undang khusus yang mengawasi dan melindungi e-Commerce.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar